Obat Herbal Mujarab

Pusat Herbal Mujarab Solusi berbagai Penyakit | WA : 0821 3414 1276

Menu

Apa Sih Perbedaan Probiotik Dan Antibiotik ?

Mar
19
2021
by : obat herbal mujarab. Posted in : Artikel

Istilah Probiotik dan Antibiotik bukanlah hal baru bagi kita semua. Namun, tidak jarang orang-orang tidak paham perbedaannya meskipun sering mendengarnya. Berikut ini adalah pengertian, cara kerja, dan perbedaan Probiotik dan Antibiotik .

Pengertian Probiotik dan Antibiotik

Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya. Berupa bakteri baik atau jamur yang berada di sistem pencernaan manusia. Probiotik secara natural ada di dalam tubuh kita.

Sedangkan Antibiotik  adalah kelompok obat-obatan yang kuat yang digunakan untuk mengatasi, mencegah infeksi bakteri dan melawan pertumbuhan bakteri dan bisa menunjang kehidupan bakteri lainnya.

Cara Kerja dan Perbedaan Probiotik dan Antibiotik

Probiotik membantu dalam melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan, terutama lambung dan usus, dari beragam serangan penyakit. Probiotik juga berperan dalam meneruskan makanan atau minuman yang sudah ditelan agar bisa dicerna. Probiotik mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah dan menanggulangi penyakit dan membantu sistem pencernaan. Cara kerja probiotik sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Jumlah Bakteri baik dalam Pencernaan.

Peningkatan Bakteri baik akan menghambat pertumbuhan Bakteri jahat sehingga akan meningkatkan nafsu makan dan berat badan secara alami.

  1. Memperbaiki Sistem pencernaan dan Penyerapan Nutrisi

Probiotik akan meningkatkan aktivitas enzim dalam pencernaan sehingga sistem pencernaan Sehat dan penyerapan Nutrisi Maksimal.

  1. Melawan Bakteri Patogen ( Bakteri jahat )

Probiotik akan menghambat perkembangan bakteri patogen yang berbahaya seperti Bacillus, Staphylococcus, Enterococcus, Listeria, dan Salmonella.

  1. Merubah sifat Bakteri Patogen

Probiotik dapat mempengaruhi sifat bakteri Patogen sehingga tidak membahayakan.

  1. Meningkatkan Sel Sel Kekebalan Alami Tubuh

Probiotik akan memperbaiki sel sel kekebalan alami sistem pencernaan sehingga semakin kuat untuk melawan virus atau bakteri jahat.

  1. Meningkatkan Respon Imun

Probiotik akan mengaktifkan sel sel imun sehingga respon imun terhadap serangan virus atau bakteri jahat meningkat.

Tubuh manusia, salah satunya sistem pencernaan adalah tempat “bakteri baik” berkumpul. Tubuh membutuhkan probiotik untuk menjaga keseimbangan “bakteri baik” didalam tubuh kita. Karena keseimbangan tersebut dapat mempengaruhi kesehatan dan kekebalan sel imun tubuh. Probiotik membutuhkan prebiotik, yaitu makanan yang berfungsi sebagai asupan bakteri baik dalam tubuh. Oleh sebab itu, prebiotik dan probiotik erat hubungannya.

Probiotik selain memproduksi bakteriosin juga memproduksi beberapa senyawa yang diperlukan tubuh, seperti:

  1. Asam laktat, asam asetat, hidrogen peroksida, laktoperoksidase, lipopolisakarida
  2. Nutrisi penting dalam sistem imun dan metabolisme inang (manusia) seperti vitamin B (Asam Pantotenat), piridoksin, niasin, asam folat, kobalamin dan biotin.
  3. Antioksidan penting seperti vitamin K

Sedangkan Antibiotik  bekerja dengan cara membunuh dan menghentikan bakteri berkembang biak di dalam tubuh. Antibiotik  tidak dapat digunakan untuk mengatasi infeksi akibat virus, seperti flu. Di dalam tubuh kita ada sel darah putih yang bertugas menyerang bakteri-bakteri yang dianggap membahayakan. Tetapi ketika tubuh dirasa tidak lagi kuat melawan bakteri tersebut, bakteri itu akan menginfeksi tubuh dan di saat seperti itulah Antibiotik  diperlukan.

Sayangnya, Antibiotik  tidak hanya bertugas membasmi bakteri jahat, ia membersihkan semuanya, termasuk bakteri baik yang ada di tubuh kita. Belum lagi berbagai efek yang tidak nyaman yang harus dirasakan ketika meminum Antibiotik . Antibiotik  memang bisa menimbulkan efek yang kurang mengenakan, seperti diare, perasaan tidak enak diseluruh tubuh, bahkan beresiko mengalami batu ginjal (jika mengonsumsi sulphonamides).

Antibiotik  akan resisten dan menjadikan bakteri berkembang semakin kuat. Antibiotik  memang bisa membantu kita melawan penyakit, tetapi di sisi yang lain ia malah bisa menjadi musuh yang makin memperparah penyakit.

Dari penjelasan diatas, terlihat jelas apa perbedaan probiotik dan antibiotik mulai dari pengertian dan cara kerja serta efeknya di dalam tubuh.

——————————

Temukan Kami di

Facebook         : Biojanna Pusat

Youtube          : sehat probiotik

Web                 : www.herbalsolusipenyakit.com

Instagram        : biojanna_indonesia

——————————

Jam Kerja

  • Senin-Sabtu  : 08.00-16.30 WIB

Info Pemesanan dan Kemitraan Hubungi

  • 0821-3414-1276 (Kemitraan)
  • 0857-4098-3292
  • 0813-2626-8744

Atau klik Link berikut ini

Link     : https://linktr.ee/BioJANNA_Indonesia

Shopee: https://bit.ly/BiojannaSuper_ShopeeBiojannaIndonesia

artikel lainnya Apa Sih Perbedaan Probiotik Dan Antibiotik ?

Saturday 8 August 2020 | Artikel

Nefrolitiasis atau batu ginjal adalah pembentukan materi keras menyerupai batu yang berasal dari mineral dan garam…

Wednesday 18 August 2021 | Artikel

Berikut ini adalah tahapan untuk melakukan treatment sesak nafas dan membersihkan lendir dengan menggunakan teknik penguapan…

Thursday 29 July 2021 | Artikel

Hari Raya Idul Adha sangat identik dengan daging kambing dan daging sapi. Di momen berbahagia ini,…

Wednesday 19 December 2018 | Artikel

Herbalsolusipenyakit.com – buah Kurma terkenal juga dengan buah Super atau orang-orang barat menyebutnya dengan “The Super…

Page

    Obat Herbal Mujarab

    Pusat Herbal Mujarab Solusi berbagai Penyakit | WA : 0821 3414 1276

    Surakarta - Jawa Tengah
    0821 3414 1276
    0821 3414 1276
    0821 3414 1276