Obat Herbal Mujarab

Pusat Herbal Mujarab Solusi berbagai Penyakit | WA : 0821 3414 1276

Menu

Makanan Pantangan Asam Lambung

Apr
15
2020
by : obat herbal mujarab. Posted in : Artikel

Bagi penderita asam lambung terlambat makan adalah salah satu pemicu naiknya asam lambung yang menyebabkan rasa sakit di ulu hati yang tidak tertahankan. Makanan adalah hal sensitif bagi penderita asam lambung karena salah makan saja bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Banyak makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi dan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit asam lambung atau maag atau gerd.

Jika anda sudah memiliki riwayat penyakit asam lambung hendaknya menjaga pola makan dan juga memperhatikan makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita penyakit asam lambung. Berikut ini makanan yang perlu diperhatikan:

 

  1. Makanan Pantangan Asam Lambung yang Pertama adalah Makanan Pedas

 

Makanan Pantangan Asam Lambung yang Pertama adalah Makanan Pedas

 

Makanan pedas menjadi kesukaan bagi sebagian orang karena makanan pedas bisa meningkatkan nafsu makan. Bagi sebagian orang makan tanpa ditambahkan rasa pedas atau sambal tidaklah lengkap. Namun, perlu diperhatikan bahwa terlalu banyak makan-makanan pedas menyebabkan berbagai masalah pada tubuh, seperti masalah pencernaan dan juga naiknya asam lambung yang menyebabkan penyakit asam lambung kambuh.

 

Bukan berarti tidak boleh memakan makanan pedas sama sekali, jika memang dirasa sulit bisa dengan mengurangi porsinya atau makan dengan sangat jarang seperti 1 minggu sekali atau bisa juga dengan mengganti cabai dengan bahan atau bumbu dapur lain yang tidak terlalu pedas, contohnya merica. Banyak orang bertanya-tanya mengapa penderita asam lambung dianjurkan untuk mengurangi bahkan tidak mengkonsumsi makanan pedas sama sekali? Karena makanan pedas dapat  menyebabkan iritasi pada lapisan dalam kerongkongan dan menyebabkan nyeri ulu hati karena naiknya asam lambung.

 

Makanan pedas akan menambah luka pada lambung penderita penyakit asam lambung. Keadaan lambung yang terluka ditambah dengan makanan pedas yang dikonsumsi akan merangsang asam pada lambung naik karena harus mencerna makanan pedas tersebut. Lambung yang terluka akan terus menerus terluka jika penderita asam lambung tidak berusaha menghindari makanan pedas. Bahan kimia capsaicin dalam cabai adalah yang memicu saraf pada lambung untuk mengirim sinyal adanya iritasi lambung ke otak, sehingga menimbulkan rangkaian respon dari tubuh untuk melindungi lambung.

 

  1. Makanan Pantangan Asam Lambung yang Kedua adalah Makanan Berlemak

 

 

Siapa yang tidak menyukai makanan berlemak? Daging sapi, susu, keju, es krim, kentang goreng, gorengan dan sebagainya. Makanan yang disajikan saat ini sangatlah variatif dan tentunya banyak mengandung lemak, seperti sate, ayam goreng, muffin, pie, kentang goreng, gorengan (tahu, tempe, pisang dll), dan masih banyak lagi. Makanan tersebut akan memicu peningkatan asam lambung sehingga lebih baik sebagai penderita asam untuk mengurangi dan menghindari sebagai upaya penyembuhan.

 

Mengapa penderita asam lambung disarankan untuk tidak makan makanan berlemak? Karena makanan berlemak dapat memperlambat otot-otot pencernaan, dan memperlambat pengosongan lambung. Selain itu, makanan berlemak bisa memperburuk konstipasi dan diare. Sedangkan makanan yang digoreng, membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, rendah serat dan dapat membuat perut kembung.

 

Makanan berlemak yang tidak boleh dikonsumsi bagi penderita asam lambung adalah makanan berlemak jenuh, seperti yang disebutkan diatas. Namun, anda tidak perlu khawatir karena masih ada makan berlemak lain yang boleh dikonsumsi seperti Alpukat, Kacang Walnut dan juga biji rami (flaxseed) yang juga kaya akan lemak tak jenuh.

 

  1. Makanan Pantangan Asam Lambung yang Ketiga adalah Buah Dan Sayur Yang Mengandung Asam dan Makanan Yang Mengandung Banyak Gas

 

Makanan Pantangan Asam Lambung yang Ketiga adalah Buah Dan Sayur Yang Mengandung Asam dan Makanan Yang Mengandung Banyak Gas

 

Tidak semua buah dan sayur baik dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Ada beberapa buah dan sayur yang harus dihindari untuk dikonsumsi penderita asam lambung karena mengandung asam tinggi. Buah seperti Jeruk, Jeruk Nipis, Lemon, Grapefruit, Nanas dan juga Tomat sedangkan Sayuran seperti Bawang Putih, Sawi Putih, Acar (yang ditambahkan cuka), Nangka Sayur, Daun Lembayung, Daun Kangkung dan Kacang Panjang. Karena mengkonsumsi makanan tersebut akan meningkatkan asam lambung sehingga penyakit maag akan kambuh. Apalagi ketika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong atau mengkonsumsi buah yang belum masak. Semakin banyak gas, membuat perut jadi kembung dan mual dan sering diakhiri dengan muntah.

 

  1. Makanan Pantangan Asam Lambung yang Keempat adalah Peppermint dan Coklat

 

 

Peppermint memang menyegarkan mulut karena terasa dingin di lidah dan Coklat menjadi makanan yang bisa memicu gejala maag akibat GERD. Cokelat termasuk dalam kelompok makanan tinggi lemak yang menyebabkan otot di sekitar kerongkongan mengendur sehingga asam lambung dapat naik ke kerongkongan. Jika dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan asam lambung naik ke kerongkongan yang menyebabkan rasa mual hingga muntah. Untuk itu janganlah mengkonsumsinya dalam keadaan perut kosong.

 

  1. Makanan Pantangan Asam Lambung yang Kelima adalah Minuman Beralkohol

 

Minuman beralkohol sering dijadikan penutup makanan utama, seperti bir, wine,  koktail, berisiko memicu naiknya asam lambung. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi alkohol. Akan lebih baik lagi jika anda tidak mengkonsumsinya karena kandungan alkohol sangat tidak baik untuk kesehatan. Alkohol hampir tidak ada kandungan yang bermanfaat bagi tubuh justru alkohol dapat membahayakan lambung dan juga hati.

 

  1. Makanan Pantangan Asam Lambung yang keenam adalah Kafein Dan Minuman Bersoda

Minuman berkafein seperti teh, kopi dan minuman bersoda jika dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung akan menyebabkan lambung memproduksi asam lambung secara berlebihan. Asam lambung akan naik membuat rasa perih pada ulu hati disertai dengan sendawa. Bahkan bisa memperparah luka pada lambung jika dikonsumsi setiap hari dalam jumlah yang besar.

 

Setelah membaca makanan pantangan asam lambung, masihkah ingin mengkonsumsi makanan pantangan asam lambung hingga penyakit anda semakin parah? Akan lebih baik jika mengedepankan pengobatan dan penyembuhan terlebih dahulu dibanding keinginan untuk memakan atau meminum pantangan asam lambung. Pastikan untuk mengkonsumsi BioJANNA dan Madu Probiotik setiap hari, dengan aturan minum: 1 sloki BioJANNA dicampur dengan 1 sendok Madu Probiotik kedalam segelas air dan diminum pagi setelah bangun tidur, siang dan malam sebelum makan.

 

Temukan Kami di

Facebook         : Biojanna Pusat

Youtube          : sehat probiotik

Web                 : www.herbalsolusipenyakit.com

Instagram        : biojanna_indonesia

——————————

Jam Kerja

  • Senin-Sabtu  : 08.00-16.30 WIB

Info Pemesanan dan Kemitraan Hubungi

  • 0821-3414-1276 (Kemitraan)
  • 0857-4098-3292
  • 0813-2626-8744

Atau klik Link berikut ini

Link     : https://linktr.ee/BioJANNA_Indonesia

 

artikel lainnya Makanan Pantangan Asam Lambung

Tuesday 13 November 2018 | Artikel, Testimoni

Nama saya Neneng Siti Juariah. Alamat saya kompleks Tirtasari 124 Rt. 6 Rw. 20, Bandung. Umur…

Monday 4 June 2018 | Artikel

Tanda-tanda Kadar Kolesterol Tinggi Beberapa dampak Kolesterol yang tinggi dalam kadar darah akan langsung bisa dirasakan…

Wednesday 3 October 2018 | Artikel

Mengobati atau Cara menurunkan kolesterol bisa ditempuh dengan memanfaatkan kekayaan alam yang bertebaran di muka bumi…

Tuesday 23 February 2021 | Artikel

Sari Buah Probiotik SB-19 adalah minuman probiotik untuk meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi. Probiotik akan…

Page

    Obat Herbal Mujarab

    Pusat Herbal Mujarab Solusi berbagai Penyakit | WA : 0821 3414 1276

    Surakarta - Jawa Tengah
    0821 3414 1276
    0821 3414 1276
    0821 3414 1276