Obat Herbal Mujarab

Pusat Herbal Mujarab Solusi berbagai Penyakit | WA : 0821 3414 1276

Menu

OBAT DIGIGIT SERANGGA

Sep
02
2020
by : obat herbal mujarab. Posted in : Artikel

 

 

Setiap orang pasti pernah mengalami kejadian digigit serangga, bahkan bisa terjadi setiap harinya. Rata-rata setiap orang mengalami reaksi berbeda setelah digigit serangga yang umumnya menimbulkan gejala ringan, seperti bengkak, gatal-gatal, ruam, dan nyeri pada area yang digigit.

Serangga biasanya menggigit, menyengat, atau mengeluarkan racun yang digunakan sebagai pertahanan. Digigit serangga merupakan salah satu bentuk dermatitis kontak iritan, yaitu reaksi peradangan kulit sebagai respon dari kontak dengan alergen, dalam hal ini berupa liur, bulu, atau gigitan serangga, atau dalam istilah lain biasa disebut dermatitis venenata.

Gejala digigit serangga secara umum dapat menyebabkan reaksi pada kulit dan terbatas pada tempat gigitan atau sengatan berupa:

  • Gatal
  • Rasa nyeri atau tidak nyaman di tempat gigitan atau sengatan
  • Panas seperti terbakar
  • Bengkak atau kulit melepuh disekitar tempat gigitan atau sengatan

Meski terdengar sepele, gigitan serangga juga perlu diwaspadai. Terutama jika menimbulkan reaksi parah, seperti:

  • Demam.
  • Mual dan muntah.
  • Pingsan.
  • Jantung berdebar.
  • Bengkak di wajah, bibir, atau tenggorokan.
  • Sulit menelan dan bicara.
  • Sesak napas.

Beda jenis serangga, maka berbeda pula luka yang akan ditimbulkannya. Beberapa jenis serangga yang menggigit manusia untuk memakan darah, dan di saat yang sama menyebarkan penyakit. Serangga yang mengeluarkan racun gigitan atau sengatannya dapat menimbulkan reaksi alergi, seluruh tubuh atau reaksi alergi berat. Sedangkan serangga yang tidak mengeluarkan racun menimbulkan reaksi akibat kontak bagian tubuh serangga atau liur dengan kulit. Reaksinya ringan, hanya pada lokasi dan sekitar tempat gigitan.

Penyebab reaksi yang ditimbulkan dari gigitan serangga adalah reaksi hipersensitivitas atau reaksi alergi yaitu reaksi yang ditimbulkan oleh tubuh akibat ada alergen asing dan tubuh berusaha untuk menghilangkan alergen tersebut. Jenis serangga yang dapat menyebabkan reaksi tersebut secara umum dibagi menjadi 2, yaitu:

  1. Beracun

 

  • Lebah

Lebah menyengat hanya sekali, setelah menyengat lebah akan mati. Sengatan lebah sangat beracun, apabila tidak segera dicabut, racun akan semakin banyak masuk kedalam tubuh sehingga dapat memicu reaksi alergi yang berat.

  • Tawon

Sengatan tawon juga mengandung racun, tapi tawon dapat menyengat beberapa kali.

  • Kalajengking

Sengatan kalajengking mengandung racun, tapi jarang berbahaya. Tanda dan gejalanya berupa nyeri yang dapat terus menerus, mati rasa, dan bengkak. Namun, sengatan kalajengking pada anak dan lansia dapat menimbulkan reaksi alergi seluruh tubuh sampai reaksi alergi berat.

  • Semut api.

Semut api dapat menggigit beberapa kali dan gigitannya dapat mengeluarkan racun yang biasanya hanya menimbulkan reaksi seperti nyeri hebat di tempat gigitan, rasa seperti terbakar, bengkak dan kemerahan. Namun, dapat pula menyebabkan reaksi alergi seluruh tubuh dan reaksi alergi berat.

  • Laba-laba.

Umumnya laba-laba tidak berbahaya, tapi beberapa jenis laba-laba mempunyai racun yang dapat menimbulkan reaksi berupa nyeri dan pembengkakan disekitar luka dan dapat menyebar ke perut, punggung, dan dada, keram perut, menggigil, mual, dan keringat dingin.

  • Tomcat

Racun akibat gigitan tomcat atau kumbang Paederus tidak berbahaya dan tidak menyebabkan reaksi seluruh tubuh, hanya lokal pada kulit berupa kulit melepuh seperti herpes, kemerahan, rasa panas bercampur gatal, dan nyeri.

 

  1. Tidak Beracun

 

Serangga tidak beracun seperti nyamuk, lalat, kutu, dan ulat bulu. Selain reaksi pada kulit, beberapa jenis serangga ini dapat menyebarkan penyakit lain seperti malaria, demam berdarah, virus Zika, demam chikungunya yang ditularkan melalui gigitan nyamuk jenis tertentu. Penyakit tidur, penyakit kaki gajah, atau penyakit parasit darah dapat ditularkan melalui gigitan lalat jenis tertentu. Penyakit Lyme yang ditularkan melalui gigitan kutu jenis tertentu.

 

Gigitan serangga seringkali hanya menimbulkan gejala ringan, seperti gatal, rasa panas dan bengkak. Pada kasus tersebut, pengobatan dapat dilakukan di rumah dengan cara berikut ini sebagai pertolongan pertama :

 

  1. Langsung tinggalkan tempat tersebut untuk mencegah gigitan
  2. Bila ada sengat yang tertinggal di kulit (misalnya karena sengatan lebah), cabut sengat secara hati-hati.
  3. Oleskan BioJANNA murni ke kulit yang terkena gigitan. Lakukan beberapa kali sehari hingga rasa sakit berkurang.
  4. Lebih baik jika BioJANNA murni dikompreskan dengan menggunakan kapas atau kain bersih.
  5. Minum 1 sloki BioJANNA dicampur dengan 1 gelas air putih/ air kelapa murni dan 1 sendok Madu PREBIOTIK untuk menetralisir racun akibat gigitan serangga.

 

 

Pencegahan gigitan serangga dapat dihindari dengan menjauhkan diri dari tempat yang umumnya menjadi habitat serangga, seperti pepohonan dan tumbuhan berbunga. Pencegahan juga dapat dilakukan dengan melakukan sejumlah langkah berikut:

 

  • Pakai Baju Tertutup

 

Untuk mengurangi kemungkinan digigit serangga, sebaiknya gunakan pakaian yang tertutup saat pergi ke luar rumah. Gunakan baju lengan panjang, celana panjang, dan sepatu apabila harus pergi ke kebun, hutan, maupun tempat lain yang banyak serangga.

 

  • Pasang Kelambu Di Tempat Tidur

 

Memasang kelambu di tempat tidur juga bisa membantu kulit terlindungi dari gigitan serangga. Terutama jika sedang piknik atau camping di alam bebas.

 

  • Tutup Makanan Dan Minuman Yang Bisa Mengundang Serangga

 

Saat mengonsumsi makanan dan minuman di luar ruangan, terutama yang rasanya manis, pastikan untuk menutup wadahnya saat tidak sedang makan atau minum agar tidak mengundang serangga untuk datang.

 

  • Sedia Selalu Biojanna Dimanapun Anda Berada

 

Saat bepergian BioJANNA bisa dimasukkan kedalam botol spray kecil atau botol kecil lainnya sebagai persediaan di keadaan yang darurat.

(Dari berbagai sumber)

Temukan kami di :

Phone / WA : 0821 3414 1276/ 0813 9260 5003

website : www.herbalsolusipenyakit.com

youtube : sehat probiotik

Facebook : Probiotik Kesehatan

Info Kemitraan Hubungi :

Phone / WA : 0821 3414 1276

artikel lainnya OBAT DIGIGIT SERANGGA

Friday 3 April 2020 | Artikel

Penyakit asam lambung adalah penyakit pencernaan yang terjadi karena asam yang ada di lambung diproduksi secara berlebihan…

Wednesday 15 April 2020 | Artikel

Bagi penderita asam lambung terlambat makan adalah salah satu pemicu naiknya asam lambung yang menyebabkan rasa…

Wednesday 9 September 2020 | Artikel

Tipe Menstruasi Tidak Lancar Mentruasi, haid atau datang bulan adalah pendarahan uterus yang berlangsung secara periodik…

Tuesday 5 June 2018 | Artikel

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening dan Masalah Lambung Anak saya mengalami keluhan sakit di leher karena pembengkakan…

Obat Herbal Mujarab

Pusat Herbal Mujarab Solusi berbagai Penyakit | WA : 0821 3414 1276

Surakarta - Jawa Tengah
0821 3414 1276
0821 3414 1276
0821 3414 1276