Obat Herbal Mujarab

Pusat Herbal Mujarab Solusi berbagai Penyakit | WA : 0821 3414 1276

Menu

WARNA URINE UNGKAP KONDISI TUBUH

Dec
14
2020
by : obat herbal mujarab. Posted in : Artikel

Tubuh akan memberikan sinyal apabila ada sesuatu yang tidak beres dari tubuh. Salah satunya adalah warna urine. Warna urine dapat mengungkap kondisi kesehatan tubuh. Urine yang  dikeluarkan tubuh berfungsi untuk membuang racun dan zat sisa dari dalam darah. Zat-zat tersebut akan mempengaruhi warna urine. Itulah sebabnya, perubahan warna urine dapat menggambarkan kondisi kesehatan tubuh.

Warna air kencing bervariasi mulai dari jernih hingga kuning pekat atau kuning tua. Perbedaan warna disebabkan oleh pigmen (pewarna) urine yang disebut urokrom dan urobilin. Selain itu, warna urine juga dipengaruhi asupan cairan dan apa yang dikonsumsi.

Warna urine normal bervariasi dari kuning pucat, jernih, hingga keemasan. Semakin banyak minum air putih, warna urine akan semakin pucat. Warna urine yang pucat juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat diuretik, yaitu obat untuk merangsang pengeluaran urine. Sedangkan kurang minum air putih akan membuat urine berwarna kuning pekat hingga oranye.

Urine juga dapat berubah warna menjadi putih keruh, merah, hijau, biru, oranye, hingga cokelat gelap. Berikut berbagai warna urine dan penyebabnya yang bisa juga berhubungan dengan penyakit kandung kemih.

  1. Kuning Tua atau Kuning Pekat

Warna urine kuning pekat umumnya disebabkan oleh dehidrasi. Dehidrasi dapat terjadi bila jumlah cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh lebih banyak dibandingkan jumlah cairan yang masuk. Perhatikan asupan makanan atau minuman, apakah seharian terlalu banyak minum-minuman berperasa ataupun berwarna seperti kopi dan teh? Karena kondisi asupan minuman memiliki peranan terhadap perubahan warna urine.

  1. Oranye

Urine yang berwarna oranye dapat disebabkan oleh masalah kesehatan pada hati atau saluran empedu, terutama jika disertai dengan warna feses yang terlihat pucat atau putih. Selain itu, warna urine oranye juga bisa terjadi jika mengalami dehidrasi atau karena efek samping kemoterapi, obat pencahar, obat antiradang sulfasalazine, obat phenazopyridine untuk infeksi saluran kemih, obat TB rifampin dan isoniazid, serta riboflavin (vitamin B2) dalam dosis tinggi.

  1. Cokelat Gelap

Urine yang berwarna cokelat atau cokelat tua dapat menjadi tanda adanya masalah pada organ hati dan ginjal, infeksi saluran kemih, batu empedu, dan anemia hemolitik. Urine berwarna cokelat tua bisa juga disebabkan oleh efek samping obat. Sejumlah obat yang dapat membuat warna urine menjadi cokelat tua adalah obat antimalaria, antibiotik, dan obat pencahar yang mengandung cascara atau senna.

Namun ini tidak serta-merta mutlak, perlu ada pemeriksaan khusus. Tapi bisa jadi benar bila warna urine cokelat tersebut dibarengi dengan perubahan warna kulit menjadi kekuningan serta mata juga agak kekuningan.

  1. Merah Muda atau Merah

Warna urine merah atau merah muda dapat disebabkan oleh makanan yang konsumsi, seperti bit, blackberry, atau buah naga merah. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh efek samping obat-obatan tertentu untuk infeksi saluran kemih dan obat TB rifampin. Jika urine berwarna merah muda atau merah, cobalah untuk memperhatikan gejala lainnya. Pasalnya warna urine merah juga bisa menandakan adanya kencing berdarah, infeksi saluran kemih, penyakit ginjal, tumor atau batu di ginjal dan kandung kemih, gangguan prostat, anemia hemolitik, atau kelainan genetik porfiria.

  1. Hijau atau Biru

Warna urine yang satu ini mungkin dapat membuat kaget. Biasanya urine dengan warna biru atau kehijauan menandakan kalau kamu mengonsumsi obat-obatan tertentu secara rutin. Warna urine biru atau hijau dapat disebabkan oleh pewarna makanan, atau efek samping obat asma, antidepresan amitriptilin, obat bius propofol, dan zat warna metilen biru. Untuk pengidap diabetes menahun yang mengonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu lama kerap mengalami perubahan warna urine disertai dengan endapan pada air. Segera hubungi dokter jika warna urine tidak kunjung kembali normal.

  1. Putih dan Keruh

Air seni yang keruh atau berwarna putih seperti susu dan berbau, bisa jadi merupakan tanda infeksi saluran kemih yang disertai pembentukan nanah. Kondisi ini disebut piuria. Penyebabnya antara lain adalah infeksi bakteri, jamur, dan virus. Warna urine yang menjadi keruh juga merupakan tanda adanya penumpukan sel darah putih, asam urat, protein, atau lemak pada urine.

Untuk menjaga tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit sebaiknya perbanyak makan makanan bergizi dan sehat. Penuhi kebutuhan air putih harian agar tidak dehidrasi. Minum 1 sloki BioJANNA+ 1 sendok Madu Prebiotik ke dalam 1 gelas air atau 1 gelas air kelapa murni. Dikonsumi setiap hari sesudah makan.

(Dari berbagai sumber)

Temukan kami di :

Phone / WA : 0821 3414 1276/ 0813 9260 5003

website : www.herbalsolusipenyakit.com

youtube : sehat probiotik

Facebook : Probiotik Kesehatan

Info Kemitraan Hubungi :

Phone / WA : 0821 3414 1276

Pencarian dari Google :

artikel lainnya WARNA URINE UNGKAP KONDISI TUBUH

Tuesday 21 August 2018 | Artikel, Testimoni

KISTA DIRAHIM KU HILANG TAK BERSISA Umur saya 37 tahun, keluhan saya Kista dirahim dan sudah…

Monday 24 August 2020 | Artikel, Herbal Alami

  Cedera karena luka bakar bisa terjadi dimana saja, termasuk didalam rumah. Ada banyak penyebab luka…

Tuesday 19 March 2019 | Artikel, Testimoni

Keluhan saya adalah pusing pusing, panas dalam, anggota badan sebelah kanan mulai dari mata, hidung, telinga…

Wednesday 19 December 2018 | Artikel

Herbalsolusipenyakit.com – buah Kurma terkenal juga dengan buah Super atau orang-orang barat menyebutnya dengan “The Super…

Obat Herbal Mujarab

Pusat Herbal Mujarab Solusi berbagai Penyakit | WA : 0821 3414 1276

Surakarta - Jawa Tengah
0821 3414 1276
0821 3414 1276
0821 3414 1276